Substansi Pelayanan Perizinan Pembangunan


TUGAS POKOK

menyelenggarakan  sebagian  tugas  dan  fungsi  Dinas  dalam  lingkup pelayanan perizinan di bidang pembangunan.

FUNGSI 

  1. Penyelenggaraan pelayanan Izin Mendirikan Bangunan;
  2. Penyelenggaraan pelayanan perizinan di bidang Administrasi Bangunan;
  3. Koordinasi pelayanan Izin Mendirikan Bangunan;
  4. Koordinasi pelayanan perizinan di bidang Administrasi Bangunan; dan
  5. Pelaporan

Bidang Pelayanan Perizinan Pembangunan terdiri atas 2 seksi yaitu Seksi  Pelayanan  Perizinan  Izin Mendirikan Bangunan, dan Seksi  Pelayanan  Perizinan  Administrasi Bangunan

Uraian tugas Seksi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan sebagai berikut : 

  1. Seksi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan mempunyai  tugas  pokok melakukan  penyusunan  rencana  kegiatan  Seksi  Pelayanan  Izin Mendirikan  Bangunan  berdasarkan  tugas,  permasalahan  dan  regulasi sebagai bahan penyusunan Rencana Strategis serta Rencana Kerja dan Anggaran Dinas;  
  1. Seksi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan mempunyai  tugas  pokok melakukan  penyiapan  bahan  dalam  rangka  penyusunan  konsep kebijakan,  pedoman  dan  petunjuk  teknis  mengenai  pelayanan  izin mendirikan bangunan;
  2. Seksi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan mempunyai  tugas  pokok melakukan  penyusunan  konsep  kebijakan,  pedoman  dan  petunjuk teknis mengenai pelayanan izin mendirikan bangunan;
  3. Melakukan  penyelenggaraan  administrasi  pelayanan  Izin  Mendirikan Bangunan; 
  4. Melakukan  pemeriksaan  administratif  dan  teknis  Izin  Mendirikan Bangunan;
  5. Melakukan penerbitan dan distribusi surat Izin Mendirikan Bangunan;
  6. Melakukan  koordinasi  dalam  rangka  pelayanan  Izin  Mendirikan Bangunan  dengan  perangkat  daerah  terkait,  baik  secara  berkala maupun insidental;
  7. Melakukan pengendalian pelayanan Izin Mendirikan Bangunan;
  8. Melakukan  fasilitasi  dan  koordinasi  dengan  menyampaikan  salinan Perizinan Pembangunan yang diterbitkan kepada Perangkat Daerah yang mempunyai  fungsi  pembinaan  dan  pengawasan  perizinan  mendirikan bangunan; 
  9. Melakukan  monitoring,  evaluasi,  dan  pelaporan  kegiatan  Seksi Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan; dan
  10. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya.


Uraian tugas Seksi Pelayanan Administasi Bangunan sebagai berikut : 

  1. Melakukan penyusunan rencana kegiatan Seksi Pelayanan Administrasi Bangunan  berdasarkan  tugas,  permasalahan  dan  regulasi  sebagai bahan  penyusunan  Rencana  Strategis  serta  Rencana  Kerja  dan Anggaran Dinas; 
  1. Melakukan  penyiapan  bahan  dalam  rangka  penyusunan  konsep kebijakan,  pedoman  dan  petunjuk  teknis  mengenai  pelayanan administrasi bangunan; 
  2. Melakukan  penyusunan  konsep  kebijakan,  pedoman  dan  petunjuk teknis mengenai pelayanan administrasi bangunan; 
  3. Melakukan  penyelenggaraan  administrasi  pelayanan  di  bidang administrasi bangunan; 
  4. Melakukan pemeriksaan administratif dan teknis persyaratan di bidang administrasi bangunan; 
  5. Melakukan  penerbitan  dan  distribusi  dokumen  di  bidang  administrasi bangunan; 
  6. Melakukan pengendalian pelayanan di bidang administrasi bangunan; 
  7. Melakukan  koordinasi  dalam  rangka  pelayanan  di  bidang  administrasi bangunan  dengan  perangkat  daerah  terkait,  baik  secara  berkala maupun insidental; 
  8. Melakukan  fasilitasi  dan  koordinasi  dengan  menyampaikan  salinan Perizinan Pembangunan yang diterbitkan kepada Perangkat Daerah yang mempunyai  fungsi  pembinaan  dan  pengawasan  perizinan  mendirikan bangunan; 
  9. Melakukan  monitoring,  evaluasi,  dan  pelaporan  kegiatan  Seksi Pelayanan Administrasi Bangunan; dan 
  10. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya.